Jangan Bingung Lagi, Inilah Cara Mengatasi Facebook yang Dibajak

Kasus pembajakan akun memang tengah marak belakangan ini, termasuk akun media sosial Facebook. Apakah Anda justru menjadi salah satu korbannya? Jika benar demikian, lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengamankan kembali akun Facebook Anda yang sudah dibajak.

  1. Memanfaatkan Fitur Lupa Sandi

Tindakan hacker yang sudah membajak akun Anda, tentu sangat merugikan. mereka dapat mengakses akun tanpa ijin dan mengoperasikan semua fitur akun sesukanya, seolah mereka adalah si pemilik akun. Kondisi ini sangat merugikan pemiliknya karena bisa mencemarkan nama baiknya jika hacker menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik. Jadi, segeralah amankan akun Anda.

Cara pertama dalam mengamankan akun Facebook pribadi yang sudah dibajak adalah mengganti password Facebook. Caranya adalah melalui opsi “lupa sandi.” Setelah memilih opsi tersebut, keluarlah opsi lagi untuk mengirimkan kode penggantian password apakah lewat email atau nomor telepon.

Anda bisa pilih di antara keduanya, namun pastikan bahwa statusnya masih aktif. Untuk email, pastikan juga bahwa Anda mengetahui password-nya agar dapat mengaksesnya karena nanti akan dikirimkan inbox tentang kode penggantian sandi.

Jika memilih email, maka tuliskan alamat email secara benar dan lengkap. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan inbox atau pesan masuk dari pihak Facebook. Saat sudah menerimanya, bukalah pesan tersebut dan masukkan kode penggantian password tersebut ke laman pemulihan akun. Berikutnya, tuliskan password yang baru yang tidak mudah ditebak.

Apabila memilih nomor ponsel, maka tuliskan nomor ponsel dengan benar dan lengkap. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai ada pesan SMS ke ponsel Anda. Setelah menerimanya, buka pesan dari pihak Facebook tersebut dan masukkan kode yang tertera. Berikutnya, tuliskan password yang baru. Setelah itu, Anda sudah bisa login. Hacker tidak tahu password Anda lagi.

  1. Meminta Bantuan Facebook Tentang Pembobolan Akun

Ternyata Facebook memfasilitasi penggunanya untuk meminta bantuan terkait kendala pemakaian akun, termasuk kasus pembobolan akun. Untuk mengamankan akun yang sudah dibajak tersebut, Anda tinggal login ke akun Facebook dengan perangkat, jaringan, dan browser yang sama seperti saat mengakses Facebook biasanya.

Secara default, sistem pada Facebook dapat merekam alamat IP Anda, browser, jaringan, sistem operasi, dan nama perangkat yang dipakai untuk login. Berikutnya, laporkan tindakan pembajakan dengan cara klik “akun saya telah disusupi.” Berikutnya, masukkan nomor ponsel atau email yang masih aktif dan terkait dengan akun Facebook, lalu klik “search.”

Jika akun ditemukan, maka silakan dipilih. Facebook akan mengirimkan kode verifikasi bahwa Anda adalah pemilik sah dari akun tersebut. Apabila sebaliknya yaitu akun tidak ditemukan karena nomor telepon dan emailnya sudah diganti, pilih opsi “tidak lagi mempunyai akses ke sini.” Selanjutnya, masukkan email atau nomor ponsel yang baru, kemudian klik “next.”

Anda harus mengonfirmasi kepemilikan akun dengan cara menebak foto teman atau menebak komentar. Jika berhasil, maka Anda akan dialihkan ke halaman pembuatan password ulang. Dalam tahap ini, akun sudah kembali ke pemiliknya.

  1. Minta Bantuan Teman

Opsi berikutnya untuk mengatasi akun Facebook yang sudah diretas adalah meminta bantuan teman. Akan tetapi, cara yang satu ini merupakan langkah akhir apabila dua tips di atas tidak berhasil mengembalikan akun Anda. cara terakhir ini dapat dilakukan untuk menonaktifkan akun Facebook Anda yang sudah dibajak agar hacker tidak bisa lagi mengakses akun Anda.

Hal ini sangat penting agar posisi Anda aman sebagai pemilik akun asli. Jangan sampai Anda dirugikan karena pemakaian akun pribadi oleh pembajak yang bisa melakukan apapun untuk memperoleh keuntungan.

Bagaimana cara meminta bantuan ke teman? Mintalah teman untuk melaporkan akun yang sudah diretas melalui akun Facebook masing-masing. Pihak Facebook akan merespon dan segera menutup akun jika semakin banyak yang mengusulkan penutupan akun tersebut. Upayakan hal ini sembari mengabarkan bahwa akun Facebook Anda sudah diretas ke keluarga, teman, dan relasi.

Beberapa cara tersebut sangat membantu menyelamatkan akun Facebook dari kejahatan hacker yang nyatanya sudah memanfaatkan akun pribadi Anda. Setelah menyadari adanya aktivitas akun dan bukan Anda yang melakukannya, segera terapkan salah satu cara di atas untuk menyelamatkan akun dari tangan hacker yang tidak bertanggung jawab. Agar lebih aman, ganti password berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *