Cara agar Program Hamil Bisa Berhasil dengan Cepat

Kehamilan merupakan impian setiap perempuan yang sudah menikah. Hanya saja banyak yang tidak mempersiapkan diri dengan matang untuk mendapatkannya.

Berikut cara agar program hamil yang dilakukan bisa berhasil dengan cepat.

  1. Mengetahui Masa Subur

Penting sekali dalam menjalankan program untuk hamil Anda mengetahui masa subur yang terjadi secara rutin. Di mana pengetahuan ini akan membuat Anda lebih mempersiapkan diri untuk dibuahi. Cara mengetahuinya dengan mencatat tanggal haid setiap bulannya secara rutin. Dari sana Anda bisa menghitung masa subur secara manual atau menggunakan aplikasi.

  1. Hubungan Intim

Program yang Anda jalankan juga akan lebih cepat berhasil jika memperhatikan waktu terbaik untuk hubungan intim. Di mana sebaiknya hubungan intim dilakukan sesuai dengan jadwal masa subur yaitu satu atau tiga hari sebelum sel telur dilepaskan.

Bisa juga waktu terbaik yang bisa dipilih yaitu 12 sampai 24 jam setelah ovulasi. Namun soal frekuensi hubungan intim ini sebenarnya tidak ada batasannya. Semakin sering dilakukan juga memberikan peluang lebih besar untuk bisa hamil. Disesuaikan lagi dengan kondisi stamina setiap orang. Idealnya disarankan Anda melakukannya tiga kali dalam seminggu.

  1. Asupan Makanan

Anda ingin program kehamilan yang dijalankan maka harus memperhatikan asupan makanan. Pilihlah makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan sehingga peluang hamil bisa lebih besar. Asupan makanan ini tidak hanya untuk perempuan tetapi juga laki-laki.

Terapkan pola makan yang sehat dengan kandungan nutrisi lengkap dan tentunya makan tepat waktu setiap harinya. Salah satu jenis asupan yang sangat disarankan bagi perempuannya yaitu asam folat. Kandungan ini akan membantu pembentukan tabung saraf janin di minggu awal kehamilan. Semakin stabil nutrisi ini di dalam tubuh maka peluang hamil akan lebih banyak.

  1. Rutin Olahraga

Bagian yang sering dilupakan saat menjalankan program untuk bisa hamil adalah olahraga. Anda perlu mengetahui bahwa olahraga mempengaruhi tingkat keberhasilan program yang dijalankan karena tubuh akan menjadi lebih sehat. Hal ini akan berdampak pada kinerja organ reproduksi menjadi lebih optimal. Lakukanlah olahraga berdua akan lebih baik dan semangat.

  1. Kualitas Sperma

Bagaimanapun juga Anda tidak bisa mengabaikan perihal kualitas sperma, maka penting untuk mendukung dan mengingatkan suami. Cara menjaga kualitasnya dengan berat badan yang ideal dan mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok dan begadang. Anda harus memberikan suami makanan yang dapat mendukung peningkatan kualitas sperma dengan lebih optimal.

Program hamil ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu konsultasi dengan dokter yang ahli di bidangnya. Hanya saja jika cara ini sudah dilakukan dalam waktu yang lama, misalnya satu tahun atau lebih maka segera konsultasikan. Anda perlu mengetahui kesehatan medis berdua dalam keadaan sehat atau tidak dan bisa berpeluang hamil atau tidaknya.