5 Alasan Mengapa Platform Peer to Peer Lending Patut Kamu Coba

Apa itu peer to peer lending?

Pinjaman Peer to Peer atau Pinjaman P2P muncul sebagai investasi alternatif yang unggul saat ini. Tentu saja, munculnya bukan tanpa alasan. Manfaat yang ditawarkan oleh P2P Lending, baik dalam hal Peminjam dan Investor, menjadikannya pilihan investasi alternatif yang sesuai untuk berbagai kelompok orang, terutama kaum milenial. Pinjaman P2P muncul sebagai peluang yang kuat tidak hanya bagi peminjam tetapi juga kreditor sebagai investasi. Negara-negara seperti AS dan Inggris telah memimpin pertumbuhan pinjaman pinjaman P2P.

Saat ini, Cina adalah pasar pinjaman pinjaman P2P terbesar di dunia. Seiring perkembangannya, P2P Lending kini juga hadir dan menjadi pilihan yang sangat diminati oleh masyarakat, terutama investor. Di bawah ini adalah alasan mengapa p2p merupakan investasi online yang cocok untuk anak muda:

  1. Pengembalian Yang Lebih Tinggi

Sering Bingung Apa Perbedaan antara Revenue dan Income? Jadi jika Anda melakukan investasi melalui P2P Lending, suku bunga rata-rata yang ditawarkan mulai 18% per tahun. Suku bunga ini adalah jumlah yang signifikan dibandingkan dengan bunga yang ditawarkan oleh Deposito Bank (6% hingga 8%). Dengan menawarkan pinjaman kepada peminjam melalui platform pinjaman online, Anda akan mendapatkan pengembalian yang jauh lebih tinggi. Bandingkan dengan Deposito Berjangka atau Reksa Dana; tingkat pengembalian bisa dua kali lipat atau lebih.

  1. Risiko Rendah

Anda tentu memahami hubungan antara risiko dan pengembalian. Sederhananya, jika Anda menginginkan hasil yang lebih tinggi, Anda harus mengambil risiko yang lebih tinggi. Beberapa investor menjadi korban korelasi ini dan mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi, mereka berinvestasi dalam ekuitas melalui pasar saham. Anda tentu tidak tahu apakah dalam tahun-tahun tertentu ekuitas favorit Anda akan memberikan Anda dividen atau tidak. Dan jika seluruh pasar berjalan buruk, Anda mungkin melihat investasi awal Anda turun secara signifikan dalam hal nilai. Lebih buruk lagi, bahkan nilai awal Anda bisa hilang begitu saja.

Melalui investasi peer to peer lending, risikonya jauh lebih rendah dan risikonya juga ada jika terjadi default. Default berarti peminjam tidak dapat melunasi pinjamannya.

  1. Pengembalian Setiap Bulan

Tidak seperti investasi keuangan lainnya, di mana bunga dibayarkan setiap triwulan, setengah tahunan atau tahunan. Investasi online ini dapat menarik bunga setiap bulan untuk pinjaman Anda. Pinjaman yang Anda berikan akan dibayar kembali setiap bulan termasuk bunganya. Dengan kata lain, keuntungan bunga yang Anda dapatkan setiap bulan akan secara teratur masuk ke akun. Secara teratur, keuntungan bunga akan diperoleh setiap bulan. Selamat, Anda telah mendapatkan penghasilan pasif pertama Anda!

  1. Kepemilikan yang Fleksibel

Tidak ada komitmen jangka panjang dengan investasi peer to peer. Anda dapat memberikan pinjaman selama beberapa bulan atau beberapa tahun. Anda dapat menyebar investasi Anda melalui pinjaman dengan berbagai opsi jangka waktu seperti 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan sebagainya. Anda dapat dengan mudah menarik uang yang telah diinvestasikan kapan pun Anda butuhkan.

  1. Diversifikasi

Kita semua tahu bahwa diversifikasi penting untuk mengurangi risiko portofolio dan menghasilkan laba yang optimal menjadi lebih baik. Pinjaman online P2P menawarkan opsi diversifikasi yang baik. Dengan instrumen pendapatan tetap, Anda dapat menambahkan lebih banyak investasi yang menguntungkan, yaitu meminjamkan dan mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Anda juga membuat diversifikasi investasi berisiko Anda seperti ekuitas.

Amartha merupakan salah satu penyedia platform investasi peer to peer terbaik di Indonesia. Mereka juga menangani seluruh proses Anda sehingga Anda tidak perlu ragu. Bagaimana, apakah Anda sudah siap berinvestasi di Amartha?